Awaluddin Djamin, Bapak Satpam Indonesia

bapak satpam indonesia
Setiap tanggal 30 Desember kita memperingati  HUT Satpam ( Satuan Pengamanan) . Kisah berdirinya  Satpam di Indonesia dimulai ketika lembaga ini secara resmi dibentuk pada tanggal 30 Desember 1980 melalui Surat Keputusan Kapolri yang saat itu dijabat Jenderal Polisi Awaloedin Djamin dengan menerbitkan SKEP/126/XII/1980 tentang Pola Pembinaan Satuan Pengamanan.

Masih dalam rangkaian yang sama , karena peran aktifnya membangun satpam Indonesia, Kepolisian Negara RI  pada Tanggal 30 Desember 1993 mengukuhkan Jenderal Polisi (Purn) Prof. DR. Awaloedin Djamin sebagai Bapak Satpam dengan mempertimbangkan jasa beliau sebagai pelopor serta tonggak berdirinya satuan pengamanan.

Sampai saat Bapak Awaloedin Djamin  selalu memberikan motivasi dan perhatian serta penghargaan kepada orang-orang yang berkomitmen tinggi dalam ikut memajukan harkat dan martabat satpam di industri jasa keamanan.

SATPAM  termasuk pekerjaan yang memiliki resiko tinggi dan tanggung jawab besar namun tidak dimbangi dengan penghasilan atau pendapatan yang besar, untuk itu bapak awaloedin sangat berharap agar kemampuan satpam dan pengelola jasa keamanan harus terus ditingkatkan, agar perhatian masyarakat khususnya pengguna dapat menghargai kinerja para anggota satpam dengan upah yang layak.

Untuk dapat menjalankan tugasnya dengan baik, seorang petugas  Satpam yang profesional wajib memahami Tugas Pokok, Fungsi dan Peranan Satuan Pengamanan, disingkat dengan TUPOKSIRAN – SATPAM. Dimana pada akhirnya seorang personil satpam mampu menjalankan tugasnya dengan baik serta mampu membantu penegakan peraturan yang berlaku.

Harapan dari Bapak satpam Indonesia ini tentu perlu kita dukung, kami penulis sangat berharap atau mungkin bermimpi agar suatu saat satpam bisa dianggap lebih baik dimata masyarakat Indonesia, sebagai sebiah profesi yang benar benar memiliki latar belakang kemampuan khusus, artinya sebagai sebuah profesi satpam membutuhkan keterampilan yang tidak semua orang memilikinya.



Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top